Sabtu, 19 Juli 2008

Mappinawang: Aktivis LSM Jangan Ngotot Ikut Pemilu

TRIBUN TIMUR - Mantan Ketua KPU Sulsel Mappinawang mengigatkan para aktivis NGO (non goverment organisation) jangan memaksakan diri terjun ke dunia politik, baik ke eksekutif maupun legislatif jika belum mengolah potensi secara matang.
Mappinawang mengungkapkan itu di acara diskusi terbatas dengan tema NGO Berpartai dan Senator, Ralistis atau Tidak? di Warung Kopi 76 di Jalan Toddopuli, Makassar, Jumat (18/7). Makanya, aktivis perlu melakukan evaluasi.

Menurutnya, evaluasi sangat penting karena imej masyarakat terhadap lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) sangat buruk. Dan tudingan itu sulit terbantahkan.
Pasalnya, memang ada aktivis bernaung di bawah bendera LSM masih menarik dana dari founding agency, menarik dana dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), dan banyak lagi citra negatif lainnya.

Pada waktu Pemilu 2004 lalu, sudah beberapa figu aktivis pernah terjun ke dunia politik, ada yang sukses dan banyak pula yang gagal sehingga perlu diolah dengan matang. "Kalau memang sudah ada yang siap berkompetisi, yah kita sokong," katanya.

Acara yang dipandu Ahmar dari Yayasan Masagena ini dihadiri sejumlah aktivis seperti Selle KS Dalle, Supriansyah, Hasbi Abdullah, Andi Besse Nurhayati, Mulyadi Prayitno dan aktivis lainnya.

Tidak ada komentar: